Rabu, 05 Desember 2012

fenomena interaksi sosial


NAMA : WIYAN MARTIWI KARISMAWATI                 NIM : A1B012167

FENOMENA INTERAKSI SOSIAL DI SEKITAR KITA
            Dalam kehidupan bermasyarakat, kita sebagai makhluh sosial selalu membutuhkan dan berhubungan dengan orang lain. Komunikasi yang terjadi dalam proses ini merupakan suatu interaksi antara yang satu dengan yang lainnya yang menghasilkan suatu hubungan timbal balik. Interaksi ini kemudian disebut sebagai interaksi sosial. Menurut pengertiannya, Interaksi Sosial merupakan suatu hubungan timbal balik antara individu yang satu dengan individu yang lain, antara individu dengan suatu kelompok, ataupun antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain.Untuk lebih memahami tentang interaksi sosial, berikut ini merupakan contoh fenomena interaksi sosial d sekitar kita.
            Di era globalisasi seperti sekarang ini banyak terjadi fenomena-fenomena interaksi sosial yang terjadi d dalam masyarakat. Salah satu fenomena interaksi sosial yang sedang marak melanda masyarakat khususnya melanda anak muda dan remaja adalah penggunaan situs jejaring sosial. Sekarang ini sudah banyak situs jejaring sosial yang kita temui seperti facebook, twitter, YM, mig, skype, dan masih banyak lagi. Semua situs jejaring sosial yang ada menawarkan kemudahan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Setiap orang yang memiliki akun jejaring sosial dapat berkomunikasi dengan orang lain yang juga memiliki akun jejaring sosial yang sama. Tidak hanya komunikasi antara individu dengan individu saja yang dapat terjadi, komunikasi antara individu dengan kelompok serta komunikasi antara kelompok dengan kelompok juga dapat terjadi. Sebagai contoh adalah adanya group ataupun komunitas  hobi yang ada dalam situs jejaring sosial.
            Tanpa kita sadarari dari contoh penggunaan situs jejaring sosial terjadi banyak komunikasi yang menyebabkan terjadi suatu interaksi antara satu dengan lainnya. Interaksi yang terjdi melalui media jejaring sosial ini juga dapat dikatakan sebagai interaksi sosial yang terjadi disekitar kita.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar